Sepuluh Langkah Agar Anak Gemar Membaca

Bagi para orang tua, berikut 10 langkah agar anak-anak suka membaca:

1. Biarkan anak memilih.
Saat mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku, biarkan mereka memilih buku yang disukai. Tentu saja kita perlu memberi tahu buku mana yang cocok, tak masalah dia memilih buku Barbie atau Strawberry Shortcake. Yang terpenting menumbuhkan minat mereka membaca.

2. Ketahui kemampuan membaca.  
Dengan mengetahui kemampuan membacanya, Anda dapat membantu membuat pilihan bahan bacaan yang menarik minat mereka. Buku yang terlalu ringan mungkin membosankan, tapi terlalu berat bisa membuat mereka tidak tertarik.

3. Tidak harus buku.
Sumber bacaan tidak selalu buku. Ada banyak sumber lainnya, seperti majalah, koran, komik, dan buku audio. Coba kenalkan mereka dengan berbagai bacaan itu.

4. Sediakan waktu untuk berdongeng
Coba ajak anak Anda ke perpustakaan atau toko buku yang menggelar program berdongeng. Bila tak ada waktu, coba bikin dongeng versi Anda sendiri dan ajak anak Anda mendengarkannya.

5. Buku dan Film.
Banyak film yang berawal dari sebuah buku. Coba cari buku yang dijadikan film, lalu tonton bersama, setelah itu baca bukunya. Kemudian bandingkan antara buku dan filmnya. Kegiatan ini bisa dimulai sejak dini bagi anak Anda. Apalagi sekarang banyak film Disney yang sudah dibukukan. Pasti seru.6. Buatlah tempat membaca.
Membaca bisa menjadi hal menyenangkan bila dilakukan di tempat yang nyaman. Coba buat tempat khusus di rumah untuk buku-buku. Sediakan rak dan beberapa kursi yang nyaman atau karpet.

7. Berikan contoh.
Jangan hanya menyuruh anak Anda untuk membaca. Berilah contoh, sering-seringlah membaca di rumah, membaca apapun, dijamin si anak pasti mengikutinya.

8. Luangkan waktu khusus.
Anda punya waktu khusus untuk makan di luar bersama keluarga? Nah, sekarang coba buat waktu khusus untuk membaca. Kasih tahu anak bahwa malam ini saatnya membaca buku.

9. Tanya anak Anda.
Setelah anak Anda membaca sebuah buku, coba ajak mereka berdiskusi. Tanya dia soal buku itu dan karakter tokohnya. Ini membantu mereka untuk menyimpulkan sebuah buku. Tanya pertanyaan yang kritis, misalnya, “Apa yang terjadi selanjutnya dengan si dumbo?”

10. Membacakan.
Rajin-rajinlah membacakan cerita bagi anak. Coba bacakan buku-buku yang menarik, seru dan ada pesan moral di dalamnya. Buku yang menarik bisa mengasah imajinasi dan kreatifitas mereka.

Categories: Parenting | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.