Tas Sekolah Anak: 3 Tips Hindari Cedera

Nyeri punggung adalah keluhan anak yang sering didengar para orang tua. Memilih dan memakai tas sekolah dengan benar menghindari nyeri punggung dan cedera permanen yang dapat ditimbulkannya pada anak.

1. Berat beban

Beban total dari tas sekolah tidak boleh melebihi 10% berat anak. Pada anak yang lebih besar (kelas lima ke atas), berat beban tas sekolah bisa ditambah sampai maksimal 20% dari berat badan.

2. Pilihan model

Pilihlah model yang ringan dengan tali bahu lebar dan berisi busa. Lebih baik lagi bila tas memiliki bagian punggung yang empuk dan ikat pinggang. Ikat pinggang memungkinkan untuk mendistribusikan berat lebih merata di seluruh tubuh anak. Tas ransel dengan beberapa kompartemen penyimpanan juga dapat membantu mendistribusikan beban lebih merata. Tas beroda dapat bermanfaat jika anak perlu membawa tas dalam jarak jauh.

3. Cara pemakaian

Tas harus dikenakan dengan kedua tali bahu terpasang dengan nyaman. Buku-buku berat harus ditempatkan di tengah-tengah punggung untuk mendistribusikan beban. Anak harus menekuk kedua lutut ketika mengambil atau meletakkan tasnya

Categories: Kesehatan Anak | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.